Categories
Uncategorized

Penyebab Umum Bercak Mongol Pada Bayi

sehatq.com

Pernahkah Anda melihat bercak biru keabuan pada bayi yang baru lahir? Pernahkan Anda penasaran apa penyebab umum bercak mongol pada bayi? Bercak mongol adalah bercak yang berwarna kebiruan, biasanya muncul pada kulit bayi yang baru lahir. Beberapa orang sering salah paham bahwa bercak mongol ini adalah memar dan memiliki dampak pada pertumbuhan. Namun kedua hal tersebut jelas berbeda karena bercak mongol tidak berakibat serius pada kesehatan.

Lokasi bercak mongol pun biasanya muncul pada daerah kaki, tangan, bokong, bahkan punggung bayi. Bercak ini bisa muncul pada saat bayi baru lahir atau pada usia-usia sebelum bayi berumur satu bulan. Gejalanya pun dapat dilihat dari munculnya pada permukaan kulit yang normal, tidak mengubah tekstur kulit, dan bentuknya tidak beraturan. Walaupun tidak berbahaya, kita juga wajib tahu tentang penyebab munculnya bercak mongol pada bayi. Berikut penjelasannya.

Penyebab Umum Bercak Mongol Pada Bayi

Untuk mematahkan interpretasi masyarakat umum bahwa bercak mongol ada kaitannya dengan masalah kesehatan, maka kita perlu mengetahui apa penyebab pasti bercak mongol pada bayi. Hal ini juga supaya masyarakat bisa membedakan antara bercak mongol dan bercak yang lainnya yang bisa muncul pada bayi.

Disebabkan oleh Dermal Melanocytosis

Memiliki arti tanda lahir pada pigmen kulit, bercak mongol menurut pakar disebabkan karena pada saat proses pertumbuhan janin dalam perut ibunya, terdapat sel yang disebut Dermal Melanocytosis yang bergerak ke bagian permukaan kulit untuk memberikan warna kulit pada bayi. Sel tersebut bisa muncul pada usia kehamilan 11 sampai 14 minggu dan seharusnya akan menghilang pada usia kehamilan 22 minggu.

Pigmen kulit yang terperangkap

Pigmen kulit yang seharusnya memberi warna kulit pada bayi, terperangkap di permukaan dan tidak bisa turun sehingga membuat warna kulit terlihat menggumpal pada area tertentu. Oleh karena itu, pada saat lahir, pigmen kulit yang terperangkap tersebut berubah menjadi bercak mongol biru keabu-abuan. Pigmen kulit yang terperangkap tersebut tidak bisa berubah menjadi kanker atau masalah kulit. Bercak mongol akan hilang seiring berjalannya waktu.

Muncul pada bayi berkulit gelap

Penyebab umum bercak mongol pada bayi, tidak bisa dipisahkan dari warna kulit bayi tersebut. Umumnya bercak mongol muncul pada bayi yang memiliki kulit gelap seperti pada bayi Asia, Afrika dan sebagainya. Jarang sekali, bercak mongol muncul pada bayi yang memiliki warna kulit alami putih. Oleh karena itu pigmen yang terperangkap berwarna biru keabu-abuan. Jumlah melanin mempengaruhi warna kulit dan juga warna tanda lahir pada bayi. 

Apa yang Harus Dilakukan Saat Bayi Memiliki Bercak Mongol

Tidak perlu diberi obat

Bercak mongol tidak memerlukan obat. Hal ini karena bercak mongol tidak memiliki efek nyeri, gatal, atau masalah kesehatan lainnya. Bercak ini tidak bisa hilang dengan memberinya obat namun bercak ini akan hilang seiring bertambahnya usia. Apalagi bercak mongol umumnya muncul di bokong dan di punggung sehingga bisa ditutupi dengan pakaian.

Diagnosa dokter

Bagaimana kita tahu bawah bercak tersebut merupakan bercak mongol atau tidak? Biasanya jika bercak mongol muncul ketika bayi baru lahir, dokter akan menuliskan kondisi tersebut pada daftar rekam medis sehingga orang tua bisa tahu bahwa bercak yang muncul merupakan bercak mongol bukan lebam. Jika bercak baru muncul setelah beberapa minggu pasca melahirkan, Anda bisa membawanya ke dokter untuk mendapatkan diagnosa.

Sumber https://www.bulelengkab.go.id/detail/artikel/bercak-mongol-82

https://www.google.com/amp/s/id.theasianparent.com/bercak-mongol/amp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *