Categories
Uncategorized

Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan

Tumbuhan jambu biji ataupun dalam bahasa latin diucap dengan Psidium guajava L. merupakan tipe jambu yang bukan tumbuhan endemik asli dari Indonesia, tumbuhan jambu biji ini buat awal kalinya ditemui di Amerika Tengah oleh seseorang ilmuwan bernama Nikolai Ivanovich Vavilov.

Yang mana kala itu, dia beserta rekan- rekannya tengah melaksanakan suatu ekspedisi ke sebagian negeri di daerah Asia, Afrika, Eropa, Amerika Selatan, serta pula Uni Soviet antara tahun 1887- 1942. Bersamaan dengan berjalannya waktu, tumbuhan jambu biji ini sudah menyebar luas= di sebagian negeri kawasan Asia yang lain semacam Thailand, Taiwan, Indonesia, Jepang, Malaysia serta Australia.

Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan

Tumbuhan jambu biji ini merupakan salah satu tipe tumbuhan yang tercantum kedalam buah tipe perdu. Jambu biji pula ialah suatu tumbuhan yang masih saudara dekat dari keluarga melati( Myrtaceae).

Tumbuhan jambu biji ini memiliki nama yang berbeda di tiap wilayah di Indonesia. Misalnya saja buat warga Nusa Tenggara yang menyebutnya dengan buah sotong, di pulau Jawa tumbuhan ini diketahui bagaikan jambu klutuk, kemudian setelah itu di pulau Sumatera menyebutnya bagaikan buah glima breueh, sebaliknya di Manado diketahui bagaikan gayawa ataupun kayawase.

Tumbuhan Jambu biji ini pula sangat banyak dibudidayakan serta pula dibesarkan di segala wilayah yang mana dengan rata- rata temperatur tropis, sebab tumbuhan jambu biji ialah tumbuhan yang harus hidup di wilayah tropis

Tipe jambu biji yang sangat banyak dibesarkan di Indonesia merupakan jambu biji tipe getas merah, kemudian terdapat pula jambu bangkok, jambu kristal, jambu sukun, serta jambu kamboja. Tipe jambu tersebut sangat banyak dibesarkan di Indonesia.

Perihal ini sebab Indonesia ialah wilayah yang lumayan potensial buat tumbuhan semacam jambu biji ini, terlebih jambu biji pula memiliki nilai ekonomi yang lumayan besar serta banyak dimohon oleh pasar.

Jambu biji ini memiliki morfologi besar tumbuhan bisa menggapai dekat 2- 14 m serta pula dominan mempunyai cabang yang menyebar di bermacam celah tumbuhan. Jambu biji ini pula memiliki bagian pangkal dengan tipe pangkal dangkal.

Bagian Kulit batang jambu biji ini cenderung keras, tetapi pada bagian batang di permukaannya pula mempunyai tekstur yang lumayan halus, sangat gampang terkelupas serta bercorak coklat kehitaman.

Pada bagian bunga jambu biji ini terletak di ketiak daun serta pula tercantum bunga tunggal yang bertangkai, memiliki kelopak bunga berupa corong serta ada 1– 4 bunga.

Bagian pada jambu biji berikutnya merupakan bagian daun, bagian inilah yang sangat berguna untuk kesehatan badan manusia tidak hanya buah jambu biji itu sendiri. Daun pada jambu biji ini kerap sekali dimanfaatkan oleh orang bagaikan tumbuhan obat.

Bersumber pada rujukan dari novel tentang Tumbuhan Efektif Obat Indonesia, daun jambu biji ini mempunyai isi tanin yang lumayan banyak, kemudian pula memiliki minyak atsiri( eugenol) minyak lemak, damar, zat samak, triterpinoid, serta asam apfel. Pada buahnya sendirii pula tercantum banyak senyawa semacam asam amino( triptofan, lisin), kalsium, fosfor, besi, belerang, vit A, B1, serta C.

Pada bagian buah jambu biji ini sedikit berupa bundar ataupun pula terkadang bundar lonjong dengan balutan kulit buah yang dominan bercorak hijau dikala muda kemudian kala telah matang hendak berganti jadi corak kuning langsat serta mengkilap.

Pada bagian biji jambu biji ini memiliki dimensi yang kecil serta lumayan banyak, tetapi terdapat sebagian pula tipe jambu biji yang memiliki biji di dalam buah cenderung sedikit serta apalagi kamu pula yang tanpa biji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *