Categories
Uncategorized

Inilah Manfaat Daun Salam Baik untuk Kesehatan, Pernah Coba?

Efehk samping daun salam bisa berbahaya bagi kesehatan. Meski daunnya yang biasa digunakan sebagai penyedap masakan diyakini memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan, tidak semuanya layak untuk dikonsumsi.

Inilah Manfaat Daun Salam Baik untuk Kesehatan, Pernah Coba?

Selain aromanya yang sedap, daun salam telah lama dipercaya mengandung bahan peningkat kesehatan mulai dari menurunkan kolesterol hingga memperlancar pencernaan hingga mencegah kanker.

Meski begitu, perlu kehati-hatian dalam menggunakannya, karena beberapa penelitian menemukan bahwa daun salam bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi oleh orang dengan kondisi medis tertentu. Mari kita bahas manfaat dan efek samping daun salam satu per satu.

Dapatkan manfaat daun salam untuk kesehatan

Daun salam dipercaya memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

Menurunkan gula darah dan kolesterol

Daun salam mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. Diyakini bahwa zat ini menurunkan gula darah dan kadar kolesterol pada penderita diabetes.

Obati batu ginjal

Daun salam dipercaya dapat mengurangi jumlah enzim urease yang menyebabkan batu ginjal dan sakit perut. Namun khasiat daun salam ini perlu penelitian lebih lanjut.

Mencegah penyakit kanker

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun salam dapat mencegah pertumbuhan sel dan kanker perut. Selain itu, ekstrak daun ini dipercaya berkhasiat mengatasi peradangan, nyeri sendi dan ketombe.

Lalu apa saja efek samping daun salam?

Hindari makan daun salam utuh. Daun salam tidak bisa dicerna oleh tubuh meski sudah dikunyah. Hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan atau saluran pencernaan.

Jika Anda berencana mengonsumsi daun salam, pastikan daun salam yang akan dimakan sudah dicuci bersih dan dimasak hingga benar-benar matang. Ini karena daun salam mentah atau setengah matang mungkin masih mengandung bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Selain itu, daun salam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh:

penderita diabetes

Daun salam dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah sehingga membantu penyembuhan diabetes. Namun, ini bukannya tanpa risiko. Daun salam dapat menyebabkan hipoglikemia karena penurunan kadar gula darah yang berlebihan dan sulit dikendalikan.

Jadi jangan lupa konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui dosis amannya.

Ibu hamil dan menyusui

Wanita hamil atau menyusui sebaiknya berhati-hati saat mengonsumsi daun salam. Sejauh ini belum ada informasi yang tepat mengenai dosis aman penggunaan daun salam untuk ibu hamil dan menyusui.

Oleh karena itu wanita hamil atau menyusui disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengkonsumsi daun salam.

Pasien yang menjalani operasi

Jika rencana operasi dalam waktu dekat, hindari mengonsumsi daun salam minimal dua minggu sebelum operasi.

Daun salam dipercaya dapat memperlambat kerja sistem saraf dan otak sehingga dapat mengganggu keefektifan anestesi selama dan setelah operasi.

Secara umum daun salam dianggap aman dikonsumsi sebagai makanan. Anda bisa sesekali menambahkan daun salam sebagai tambahan masakan. Namun jika ingin mengonsumsinya sebagai obat herbal, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Alasannya adalah karena daun salam dapat menyebabkan efek samping atau mempengaruhi obat yang Anda konsumsi.

Mengatasi masalah pencernaan

Anda bisa memanfaatkan daun salam untuk mengatasi masalah pencernaan dan mual. Masak daun salam dengan menambahkan lemon dan gula untuk hasil yang lebih maksimal.

Mata sehat

Menggunakan daun salam sebagai bumbu tambahan dalam masakan juga bisa menyehatkan mata. Selain menambah cita rasa masakan, daun salam juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan mata.

Mencegah batu ginjal

Daun salam juga dipercaya dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Ekstrak daun salam dapat mengurangi jumlah urease dalam tubuh. Urease adalah enzim yang jika berlebihan dapat menyebabkan berbagai gangguan. Salah satu gangguan yang bisa terjadi adalah risiko batu ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *